Kemenpar Bertekad Tingkatkan Wisata Petualangan Kelas Dunia

Jum'at, 26 Oktober 2018 - 21:28 WIB
Kemenpar Bertekad Tingkatkan Wisata Petualangan Kelas Dunia
Kemenpar Bertekad Tingkatkan Wisata Petualangan Kelas Dunia
A A A
JAKARTA - Memiliki lebih dari 100 destinasi petualangan, Indonesia saat ini menjadi tujuan wisata petualangan kelas dunia. Setiap tahunnnya tercatat mampu mendatangkan sekitar 100ribu wisatawan minat khusus di seluruh dunia.

"Wisata petualangan menjadi salah satu produk unggulan kita, industri ini selain memberikan kemakmuran pada masyarakat setempat, juga mendorong terjadinya pariwisata yang berkelanjutan," ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dadang Rizki Ratman dalam acara pengumuman pemenang Lomba Pesona Desain Shelter 2018 di Kantor Kemenpar, baru-baru ini.

Menurut Dadang, sisi lain wisata petualangan memiliki keunggulan karena merupakan pengembangan dan penggabungan beberapa daya tarik wisata yaitu petualangan, kuliner, budaya, sejarah, alam, religi dan olahraga.

"Di balik potensi yang besar wisata petualangan tersebut, banyak tantangan yang harus diperhatikan terutama fasilitas pendukung salah satunya adalah shelter bagi penampungan wisatawan saat darurat," terang Dadang.

Dia menuturkan, hal tersebut yang membuat Kemenpar bersama pihak terkait mengadakan lomba Desain Shelter 2018 dengan total hadiah Rp160 juta. "Pada dasarnya shelter ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna, khususnya di saat darurat serta berperan dalam menjaga kebersihan kawasan," ucap Dadang.

Sebanyak 474 peserta dari 13 provinsi di Indonesia mengikuti lomba yang baru digelar belum lama ini dengan pembagian 4 kategori yaitu Shelter untuk Arung Jeram, Shelter untuk Dirgantara, Shelter Pendakian Gunung, dan Shelter Penelusuran Gua.

Adapun para pemenang lomba tersebut adalah Aditya Wiratama dari Surabaya dengan desain Vogelkop Jew untuk kategori Shelter Pendakian Gunung, Steven Anthony Philipus dari Bandung dengan desain Beauty Of Indonesia's Nature di kategori Arung Jeram, Martinus Aldi Wicaksono dari Bali dengan desain Selayang Pandang di kategori Shelter Dirgantara dan Aryo Mahardika daei Sidoarjo dengan desain Sheltalagmit untuk kategori Shelter Penelusuran gua.

Para pemenang tersebut mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp12 juta, sementara juara 2 mendapat 10 juta, juara 3 mengantongi 8 juta, harapan 1 membawa pulang 6 juta dan harapan 2 berhak atas 4 juta rupiah.

"Hasil dari kreasi para pemenang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi industri wisata petualangan termasuk pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan kualitas layanan wisata petualangan juga meningkatkan daya saing dengan wisata petualangan di negara lain," papar Dadang.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5720 seconds (0.1#10.140)